apa saja yang dilakukan saat imlek

tahun baru imlek biasanya para keturunan tionghoa merayakannya secara meriah, Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama (bahasa Tionghoa: 正月; pinyin: zhēng yuè) di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh 十五暝 元宵節 pada tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chúxī 除夕 yang berarti “malam pergantian tahun.

Berkunjung Ke Rumah Saudara Secara Bergantian

Hampir sama dengan kebiasaan berkunjung pada hari raya Idul Fitri dalam kalender Islam, warga Tinghoa juga secara bergantian berkunjung ke rumah saudara dan tetangganya. Warga yang lebih muda biasanya mendatangi rumah yang lebih tua.

Menyalakan Petasan

Menyalakan petasan menjadi suatu hiburan yang dapat meningkatkan keramaian dalam perayaan Tahun Baru Imlek.

Begadang Pada Malam Tahun Baru

Kegiatan begadang ini memiliki arti untuk orang tua dan pemuda atau anak-anak. Orang yang sudah lanjut usia tidak tidur di malam Tahun Baru Imlek sebagai tanda bahwa ia telah melewati pergantian tahun juga sebagai rasa syukur. Sedangkan makna tahun baru untuk pemuda adalah sebagai doa agar orang tua mereka panjang umur. agar anda tidak ngantuk saat begadang anda juga bisa coba bermain di situs casino online terbaik

membersihkan rumah

Tradisi membersihkan rumah ketika hari raya imlek ini telah menjadi tradisi turun menurun sejak zaman kakek nenek. Biasanya perabotan rumah yang telah usang dan rusak dibuang dan diganti dengan yang baru. Selain mengganti perabotan rumah, pergantian cat rumah dan juga menyapu debu menjadi hal yang rutin dilakukan. Membersihkan rumah ini memiliki tujuan untuk membuang segala ketidakberuntungan dan nasib buruk dari rumah.

Amplop Merah

Pernah berpikir apa sih maksud dari amplop merah di hari raya imlek? Biasanya pemberian amplop merah ini hanya dilakukan oleh para orang tua dan juga orang dewasa yang telah menikah. Tidak sekedar amplop kosong, melainkan amplop tersebut berisikan sejumlah uang yang diberikan untuk anak-anak. Para warga etnis Cina percaya dengan tradisi pemberian amplop merah ini dapat mengusir roh jahat yang ada dalam diri anak, membawa kesehatan dan juga umur yang panjang. Sama halnya dengan barongsai, pemberian amplop ini juga merupakan tradisi yang sangat populer bahkan tidak hanya oleh warga Cina saja.

Makan Di Malam Tahun Baru

Makan bersama di malam tahun baru telah menjadi salah satu tradisi penting yang dilakukan oleh para keluarga keturunan Cina. Pada normalnya, makan malam bersama ini adalah suatu kegiatan yang dilakukan sebagai ajang reuni bagi anggota keluarga yang berada tinggal jauh dari para sanak saudara. Makanan utama yang biasa disajikan ketika imlek adalah ikan dan juga pangsit. Kedua makanan tersebut melambangkan kemakmuran bagi para etnis Cina.

membagikan Kue Tahun Baru

Dalam merayakan perayaan tahun baru imlek, tradisi membuat dan membagikan kue tahun baru merupakan salah satu bentuk harapan yang dinginkan di masa depan. Harapan berupa jabatan yang tinggi, penghasilan yang meningkat, dan tingkat kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh sebab itu masyarakat Cina sangat senang menyediakan kue tahun baru ini kepada anggota keluarga yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *